Senin, November 06, 2006

Sate Lontong on Syawalan..


hari panjang... hari yang memuaskan....

harusnya udah tak posting kemaren, mo gimana laghi disamping cuapek begeteh, juga akunya yang akhirakhir ini penyakitnya kumad *males ngapdet blog* stiap hari hanya nengokin sutbox.. trus dibalesin kalo ada yang perlu dibalez.. xixixi *kurang kerjaan kali yak..*

ceritanya begini, di kairo-kan punya Forum Silaturrahmi Masyarakat Jepara *tempat dimana keluwargaku berdomisili Jepara-Kota Ukir itu lho..* biyasa disingkat FOSMAJA. forum ini beranggotakan skitar 30-an Mahasiswa. nah, lebaran ini ceritanya FOSMAJA mo ngadain acara Syawalan atawa biyasa disebut Halal Bi Halal. sbenere acaranya ga istimewa banget sih; cuman kumpulkumpul biyasa, ngobrol ngalor-ngidul, sambutan dan acara yang paling ditunggu-tunggu.. makan!!! *maklum, mahasiswa dimana aja sama. kecuali yang kebangetan!!*

memang, yang paling istimewa adalah dipenghujung acara ini, yaitu makan etas *baca=sate* yang telah kami persiapkan semaleman. sore sebelumnya aku dan dua kawanku ditugaskan membeli 5 Kg daging Kambing Sueger - 2 Kg Daging Sapi dan - 3 Kg Daging Ayam tanpa tulang. dan juga beberapa bumbu penunjang dan peralatan perang... ups. peralatan makan. :">
oiya! sekedar informasi, harga daging di sini lebih mahalan dari pada di indo! sekilo daging kambing itu 37 LE ataw sekitar 58 Ribu. trus daging sapinya 25 LE atawa skitar 39 Ribu. dan ayam tanpa tulang dalam bahasa arab mesir biyasa disebut filey. *bener ga tulisane?* harganya 28 LE/Kg. ato skitar 44 Ribu Rupiah. mahal ga siy???.

semaleman beberapa kawan datang ketempatku berdomisili, mereka dengan brutalnya membabibuta memotong dagingdaging yang sudah tak bernyawa itu dengan pisau masingmasing. hingga pukul 12.30 acara potong memotong daging selesai. dan langsung dilanjutkan dengan merendam daging tersebut dengan campuran madu. *katanya sih biar empuk*

pagi harinya kawan yang laen datang lebih awal, guna tusuk-menusuk daging yang sudah dipotong-potong, sembari menunggu kawan-kawan lain yang mulai berdatangan. karena kita mo ngadain acaranya dipenghujung pinggiran kota.. *tie....elah...* setelah sholat dzuhur akhirnya kita sepakat berangkat menuju tempat yang kita tentukan, yaitu Tajamu' Khomis, ataw apa ya... *sambil mikir basa ingrisnya..* 5 settlement.. *bener ga?*. di rumah Anggota kami yang udah berkeluwarga,dan isterinya sudah hamil tua.

sampe sana masing-masing memposisikan diri, tukang sate dengan sigap langsung mengambil arang dan alat bakarnya. situkang masak langsung menuju dapur guna menyelesaikan tugas membuat Gule, dan ibu-ibu memotong-motong buah untuk Es buah... *srrrp....*

ssttt... *sbenere acara mo diadakan di Outdoor siy, tapinya berhubung tamannya lagi disiramin, jadine acarane didalem rumah aja..* setelah beberapa agenda acara terlewati, akhirnya satesate tadi sudah nangkring dipiring masingmasing.. beberapa sunduk sate ayam dan selebihnya sate kambing... *kebayang ga siy??* udah gitu masih ditambah gulai sapi.... *wuigh.....!!* perut serasa langsung suesek terpenuhi daging... walopun gitu aku sendiri salah make celana laghi... aku make celana yang aga kesempiten.. sialan bangedddddddd!!! ga sempid banged siy.. hanya saja perutku akhir-akhir ini aga membuncit. :">.

ya udah terpaksa Gule yang udah sedari tadi mengantri tak biarin aja ngendon ditempatnya, abisnya perut udah ga muat lagi diisi yang berat-berat... tapi kalo hanya es buah buatan ibu-ibu itu dibuwat camilan.. ya boleh lah... :D

sampe malam hari skitar setengah sembilan aku baru nyampe Griya. soale tadi sempet ikut itung-itungan berapa beaya yang kita keluwarkan dan juga bersih-bersih rumah yang kita pake.


wuigh.... hari panjang... hari yang memuaskan....

2 Komentar:

maya mengatakan...

yah ko satenya gag sampe ke smarang sih??!!..;P

akunamasao mengatakan...

ya elah.. masak musti ngirimin ke semarang sih?? kan sama aja.. malahan enakan sate semarang kaliy.. ;))

tapi enakan laghi sate kebo di Jepara... :D pokoe T-O-P begete!!!

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)