Sabtu, Juni 27, 2009

Liburan Masa Kecil

*gambar diambil dari jepara-info.blogspot


heran, beberapa hari ini aktifitas pagi anak-anak kecil penduduk sini -sekitar rumah- ramai sekali, setiap pagi setelah Subuh, mereka pada berlarian dijalan, kadang main bola. ramai dan brisik!

aktifitas yang jarang sekali ditemui pada hari-hari biasa bagi anak Mesir. mungkin karena sekarang liburan sekolah dan musim panas yang menggelora, sehingga mereka bermain kala suasana sejuk, seperti ketika matahari menjelang terbit.


suasana seperti ini mengingatkan saya pada masa kecil, dimana setiap liburan kami selalu menghabiskan pagi hari menuju laut (penduduk lokal menyebutnya Segoro), menghabiskan separuh pagi bermain pasir putih dan air laut.
jarak antara rumah saya dan laut kurang lebih dua sampai tiga kilometer, bagi kami saat itu bukanlah jarak yang jauh, karena masih mampu ditempuh dengan berjalan kaki.

kami menyelesaikan perjalanan tersebut dengan berjalan kaki, kadang bersepeda. tergantung siapa yang mendapat giliran sepeda hari itu, karena dirumah kami hanya ada satu sepeda, sedangkan saudara lakilaki kami berjumlah tiga. dan dengan jumlah tersebut kami harus rela bergiliran memakai sepeda, sialnya, saya saat itu belumlah pandai naik sepeda, jadi terpaksa membonceng sepeda atau jalan kaki kepantai. hiks.

beberapa anak kecil berjalan bergerombol, bercerita tentang apa saja yang dia tahu, melewati kuburan 'singkil' yang katanya angker, berjalan terus kearah barat, dikala hari masih belum terang.

hal yang sangat lumrah bagi penduduk desa kami, saat hari libur kebanyakan orang selalu ke pantai untuk menghirup angin pantai, memandang hamparan laut, air asin, pasir putih, hewan-hewan kecil dipinggir laut, bahkan memancing.

sampai matahari naik beberapa jengkal, kami baru berhenti bermain pasir sambil mencari 'kremis' (semacam kerang yang hidup dipasir) dan kembali kerumah masing-masing dengan membawa apapun, entah kremis, ikan-ikan kecil, ubur-ubur, hewan pantai, tumbuhan pinggir pantai, atau bahkan tangna kosong, dan hanya menyisakan kulit gosong untuk nantinya disemprot orang tua kami, karena makin hari makin item. haha, ampun maak! besok gak lagi.. :p


liburan.... kangen pantai, kangen aroma laut, kangen Jepara...

0 Komentar:

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)