Sabtu, November 21, 2009

4 Jam untuk 1 Tahun

PERTAMAXXX.. kata itu masih terngiang dalam benak saya sejak pagi buta. ya kalo boleh jujur sih gak buta-buta amat, soalnya saat itu matahari udah agak mengintip. (ini bener ga sih istilah "Pagi Buta" ?).
sebernernya, kata 'Pertamax' biasanya sangat membanggakan, contoh aja di KasKus, kalo ada orang dapet pertamax (me-reply postingan pertama dalam sebuah thread) pasti HERI alias Heboh Sendiri!. motor aja kalo pake pertamax larinya kenceng, apalagi dapet kesempatan pertamax pasti lebih heboh. (nyambung ga sih?)

Pagi ini, saya kebetulan dapet Pertamax, datang ke kantor imigrasi paling awal, lebih kerennya kepagian. bangun pagi, beberapa menit tepat sebelum adzan shubuh. setelah asik membaca-baca (novel maksutnya, bukan jampi-jampi), sambil ngedengerin empetri lagu yang lagi top hits dikuping saya. sembari menunggu arah jam menunjukkan pukul 6 lebih, saya masih bersiap-siap. setelah lebih 30 menit, saya langsung beranjak keluar dan mencoba memastikan bahwa musim dingin benar-benar sudah tiba, setidaknya jaket 'adidas' aspal itu mampu menghangatkan persendian dikala cuaca 14° menyerang.

saya datang paling awal, bahkan polisi penjaga pintu gerbang asrama-pun masih malas untuk sekedar menguap. dan benar saja, pintu masuk kantor pelayanan visa itu masih tertutup rapat, belom nampak seorangpun disana, bahkan penjaganya. (FYI; kantor pelayanan visa itu berada tepat dibelakang/samping asrama 'buuts' putra). dan saya tidak bangga jadi yang pertama datang ke kantor ini!



kepalang tanggung sudah keluar, saya pilih terus berjalan ke arah halte disebelahnya. belum sampai halte, ada dua orang malesya culun menyalip jalan saya kemudian berbalik arah seraya bertanya pada saya yang dari tadi sok cool (sok kedinginan?)..;
OM : orang malesya
OI : Orang Indonesia

OM :Jawazat Fein? (busyet, nanya pake basa arab men!)
OI : Glekk.. (sambil menelan ludah) lha itu udah lewat..
OM : ..oOo.. syukron..
OI : owalah.. ngapain juga sampe sinih!! makanya jangan cuman ngikutin, cari inisiatip!! jangan cuman jiplak, jangan nge-klaim!! (tapi cuman dalem ati) hekekeke kok jadi kemanamana?


yah setidaknya ada orang yang udah sudi bertanya pada saya yang sedari tadi cuman mondar dan mandir menghindari dingin.(emang bisa gt?)

setelah beberapa orang datang saya kembali kepintu gerbang yang tak kunjung dibuka, pukul 07.30 pintu gerbang pertama baru dibuka, dan setelah menunggu beberapa waktu, saya menitipkan paspor saya, untuk nantinya ditumpuk, karena saya sudah mengisi 'absen' sialan yang tak ada gunanya!!

saya balik ke buuts untuk sarapan dulu, telor, susu dan roti. bukan roti sih... mirip roti dari gandum yang banyak pasirnya! hahaha.. penduduk sini bilang itu "Isy", makanan pokoknya gitu deh. makanan berat! (ya iyalah berat, orang makan pasir! xixixi)
setelah mengisi perut dan MCK sebentar, saya balik lagi ke kantor yang lantai dan dindingnya dari marmer, sehingga mirip kulkas dikala musim dingin.

sesampai sana, sudah berjubel wajah peminta-minta.. (minta visa maksutnya). dan saya datang tepat pukul delapan, mulai mengantri.. dan mengantri... akhirnya... tak kunjung dipanggil nama saya.
malahan orang yang datang setelah saya, sudah dipanggil dan ngeloyor keluar sambil tersenyum puas karena dapat visa satu tahun.

setelah ditelisik dan ditelusuri dengan seksama, ternyata petugas sialan itu salah membalik berkas, jadi yang harusnya diatas jadi dibawah dan sebaliknya! owalah syu.. syu... dengan serta merta hewan-hewan yang masih tidur pulas di kebon binatang itu pada keluar sendiri sendiri.. mulai dari kampret, gajah dan lain sebagainya pertanda bahwa ada pisuhan yang sedang membahana disebuah tempat.. kekekeke..

sembari mengumpat perlakuan keji polisi magang sialan, saya berwisata ke belanda! haha sok keren lu!!.. sik sik.. saya perjelas; saya membaca novel oleh-oleh pinjaman dari panjul yang berjudul "Negeri Van Orange". hehe.

sesekali saya melirik antrean disebelah, banyak gadis-gadis berwajah asia yang sedang berderet-deret cekikak cekikik... "dasar, gadis manis sepah dibuang!" (tiba tiba hati saya melantunkan sebuah paribahasa lama..?).

setelah menunggu sekian lama... akhirnya tibalah saatnya jam menunjukkan pukul sepuluh, dan nama saya, belum juga dipanggil!! sialan tenan!!!
ikrar hati saya; jika dalam 30 menit kemudian, saya masih belum dipanggil, maka saya yang akan gantian memanggil ibu-ibu gendut itu!!

TENGGG!!
dan benar saja, setengah sebelas saya memanggilnya, dan sialnya dia masih menyelesaikan punya orang filipina sialan yang maen selongong antrian! ugh!!

untuk kedua kalinya saya menunggu timing yang tepat, dan pukul sebelas kurang seperempat saya harus memanggilnya.. berkali-kali. dan tentu saja dengan memasang wajah melas penuh harap iba dari sang nona tua yang suka makan tokmiyyah!

kira-kira begini dialog saya, setelah ditranslate kebahasa ibu. (capek juga kan kalo harus nonton pilm pake baca subtitle?) :
OI = Orang Indonesia
IG = Ibuk Gendud

OI : buk, aku wis neng kene ket jam pitu kihh!
IG : iyo le, berkasmu sing endi?
OI : hlambuh, pokoe aku antrian nomer enem, tapi mau njupuke kwalik, dadi sko ngisor disik!
IG : owg, ngunuh tho? sori le..
OI : mungkin enek neng sebelah..


dan benar saja berkas saya ada disebelah, dengan suka cita saya sumringah merayakan kemerdekaan dengan tanpa tindakan anarkis ala suporter Mesir yang kalah sama Algeria. ahahha

setelah bak bik buk cret jedot plek!! akhirnya disetempel juga paspor saya dan mendapatkan visa sampai bulan desember tahun depan, Alhamdulillah.

seraya memberikan paspor si ibu gendud itu bilang;

IG : nyoh le! rasah kakean cangkem!
OI : ?.. (dalam hati berkata: wasemiks!)
IG : kupingku panas koe nyrocos terus..
OI : iyo buk suwun..
(sambil mengulungkan uang 3.25 Pt untuk biaya materai)


sejurus kemudian, tepat pukul 10.59 AM saya berlalu dari kantor itu dengan hati yang pampararampampam.. damdamduridudidam... haha..
meski setelah itu setelah saya kalkulasi saya berdiri selama 4jam lebih, dengan kaki yang serasa lemod minta direstart dan diistirahatkan. (pegel banget jek!!)
untung aja dapet visa satu tahun..

dan semoga ini untuk yang terakhir kalinya saya ngurus visa disini!

saya pengen cepet lulus, doakan yes!!


0 Komentar:

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)