Sabtu, November 14, 2009

One of The Places I Miss

Komplek Makam Mantingan
Komplek Makam Sultan Hadlirin, Mantingan, Jepara

Suatu saat ketika saya sedang browsing gambar untuk membangun ilovejepara.com, secara tak sengaja saya menemukan sebuah gambar diblog ini, yang membikin jantung saya berhenti sepersekian detik "mak tratap", trenyuh, lalu jantung saya berdegup kencang dan semakin kencang. mata saya menerawang jauh kepada suatu hari dimana air mata tak terbendung.

mungkin orang hanya menganggap itu gambar biasa, sebuah potret makam kuno yang sudah menjamur "nglumut" hijau nan rimbun. entah foto itu diambil tahun berapa, yang jelas sekarang bentuknya tak lagi seperti itu.

saya sangat kenal gambar itu, dimana semasa kecil saya sering kali bermain disekitar situ, dulu ada pohon mangga penduduk sekitar menamainya 'pelem ndog' di sekitarnya banyak sekali pohon pace, kamboja (sembojo), berbagai macam bunga-bunga dan lain sebagainya.

tempat yang saat ini paling saya rindukan adalah tempat itu, tepat pada batu besar disamping pohon berdaun kecil panjang itu, sekarang tertanam jasad ibu, ibu yang agustus tahun lalu meninggalkanku. persis disamping makam ibu, sebelah dalam tembok dari batu bata disana makam simbahku, kami memanggilnya dengan kata Pa'e. dan bangunan berwarna merah dibelakang itu adalah area Makam Keluarga Sultan Hadlirin - Ratu Kalinyamat dan kerabatnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)