Senin, Februari 01, 2010

KetikaKubertapa


ini bukan gambar orang sedang sakit mag..
tapi dalam masa penyembuhan..

hurray!! sorakan itu seolah menandakan bahwa telah terlepas dari ancaman, himpitan, kesusahan, kesedihan, dan kecemasan. bahkan sebenarnya masih ada beberapa fase yang musti dihadapi. hahahay!

hari ini saya selesai ujian termin satu, itu tandanya saya sudah terbebas dari satu ujian, dan harus turun dari pertapaan, terbebas dari membaca dengan cara mengejar lembar-perlembar, dari menikmati hari-hari tanpa koneksi, dari tidur yang agak terkurangi, dari meringkas dipagi hari, dan dari... ah banyak lagi.


sekarang saya mau bercerita tentang sebuah pertapaan, dimana pendekar-pendekar kebanyakan selalu melewatinya untuk lebih menajamkan ilmu dari para gurunya. lebay!

kurang lebih dua minggu saya menghadapi ujian termin satu, yang artinya nanti masih ada termin dua. termin satu biasa disebut ujian musim dingin, atau ujian Putaran Januari (arab: daur yanayir). dan termin dua biasa disebut ujian musim panas atau Putaran Mei (arab: daur mayu). kebetulan ujian kali ini saya dapat hari Senin - Kamis (kayak puasa aje), dan masuk pagi.

banyak hal unik terjadi saat ujian Al-Azhar, jangan heran jika orang yang biasanya jarang ke Masjid jadi lebih kenceng Jama'ahnya, yang jarang sholat malam, jadi lebih semangat nambah kopi-nya, yang suka tidur panjang lebih suka tidurnya dijamak, yang suka kuliner jadi lebih suka kuliah, yang biasa tidur pake bantal sekarang sukanya tidur bantalan buku (biar ilumnya masuk kali ya?), yang suka fesbukan, sekarang mukanya lebih mirip buku. dan masih banyak lagi cara aneh menghadapi ujian ala santri Azhar. pokoknya mantablah, mantab surantab!.

ya, kira-kira seperti itulah keadaannya kalau boleh jujur. kalau gak mau jujur.. ya silahkan pilih menu lain, ada jujur kacang ijo, ketan ireng, jujur abang, jujur putih. (malah jualan bubur?)

dan hari ini saya selesai, itu artinya saatnya mengejawantah rencana-rencana, melaksanakan rangkaian gambaran angan-angan, saatnya melanglang buaya, saatnya mengumpulkan sisa-sisa, saatnya menjelajah wilayah berbeda, saatnya... saatnya... saatnya.... hahahahaha

ada banyak hal yang ingin saya ceritakan. tapi rasanya, hari ini saya lagi ndak pengen bercerita dulu, maybe other river... lain kali. hihi

dan semoga... saya mendapatkan hasil ujian yang baik, dan lulus tahun ini! amin...

0 Komentar:

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)