Kamis, Februari 25, 2010

Tentang Ruzz bil Bashol



Ruzz bil Bashol, sausnya dan Tursi
gambar ini diambil di tempat kesukaan saya, El-Syeikh


Salah satu makanan kesukaan saya di negeri kinanah ini adalah Ruz bil Bashol kalo diterjemahkan kira-kira "Nasi dengan Bawang" yaitu makanan yang biasa tersedia di tempat-tempat umum, nasi yang dimasak ala mesir entah bagaimana caranya sehingga menjadi sedemikian rupa, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang saya juga tidak tahu menahu, kemudian diberi biji-bijian semacam kacang-kacangan, kadang dicampur mie atau makaroni (I don't like!). setelah sedemikian rupa, kemudian ditaburi bawang goreng yang banyak lalu diguyur semacam saus yang terbuat dari tomat dan lain-lainnya. hangat dan maknyuss!


Saya mulai menyukai ruzz bil bashol entah mulai kapan saya lupa tepatnya, yang jelas saat saya mulai eneg dan bosen dengan temannya Koshary (Kusari) yang bernama Togin (tojin).

Pertama kali saya datang tahun 2004, sore harinya kami langsung diceko'i tojin, yaitu makaroni dengan bumbu-bumbu kemudian dengan daging (kadang dengan hati) yang sudah dihaluskan, lalu diguyur semacam saus sepertihalnya ruz bil bashol.
awalnya saya sangat suka dengan makanan ini, oleh karena saya termasuk salah satu dari sekian ribu mieayam lover!. jadi.. "tak ada mieayam, tojin-pun jadi" hahah.

satu lagi makanan Mesir yang kebanyakan digandrungi berbagai kalangan yaitu Koshary baca: kusari, ini lebih familiar dikuping semua kalangan, mulai dari anak muda, orang tua, orang kaya, orang miskin, mahasiswa keren, mahasiswa kere. semua tau kusari, meski tau, tidak semuanya suka.

Kusari hampir mirip dengan ruzz bil bashol, hanya saja kusari tanpa ruzz alias nasi, isinya lebih banyak makaroni kecil-kecil dan dicampur dengan mie putih. oleh karena saya tidak suka makaroni makanya saya lebih suka ruzz bil bashol saja.

disamping makanan ini harganya relatif murah, makanan ini juga mudah ditemukan dimana saja. meskipun demikian, tidak semua warung kusari memiliki kusari yang cocok dengan lidah kita. ehehhe

satulagi setiap kali makan makanan sejenis ini, saya selalu memesan juga Tursi yaitu semacam acar, terdiri dari mentimun, wortel, cabe utuh, jeruk, dan beberapa jenis lain yang saya ndak tau namanya.

3 Komentar:

Kiy Berbagi mengatakan...

dibungkus 1 ya mas :)

akunamasao mengatakan...

maaf mbak, layanan delivery kami sudah tutup, silahkan kembali besok.. :)

Inzacky mengatakan...

Tiba-tiba pengen menu ini buat buka Gan...

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)