Senin, Maret 01, 2010

Halawet el-Moulid



salah satu penjual Halawet el Moulid


Bulan Rabiul Awwal, Mulud atau Maulid. Maulid sendiri berarti lahir, atau bisa juga kelahiran, ulang tahun. bulan Maulud, identik dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Salah satu yang khas di Mesir pada bulan ini adalah, Halawet el-Moulid, yaitu sejenis manisan lezat yang terdiri dari gabungan madu dengan kacang-kacangan sepeti almond, hazelnut, pistachio, kacang tanah, wijen dan lain lain.

disamping itu, terdapat juga boneka pengantin (Arusa el-Maulid). saya sendiri kurang tau jelas apa maksut dari boneka tersebut, mungkin karena boneka atau fulla adalah kesukaan anak kecil.

manisan ini nantinya diberikan antara keluarga satu dengan yang lain saling bertukar manisan, saling mengirimi antar kerabat dan orang terdekat, kaya kepada yang miskin dan lain sebagainya. sebenarnya hal ini bukanlah termasuk dalam ajaran agama Islam, melainkan sebuah tradisi yang diperkenalkan pada Dinasti Fatimiyyah yaitu penguasa Mesir pada abad kesepuluh untuk merebut hati masyarakat Mesir, namun saat ini hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan tradisi tahunan.

Pada bulan Maulid, kita dapat menemukan diberbagai tempat, dimana banyak menjamur toko-toko manisan 'kagetan' dengan hiasan kain khas dan lampu warna-warni. toko atau stand ini hanya ada pada bulan-bulan tertentu, jika bulan Maulid mereka jual manisan dan fulla, sedangkan jika bulan Ramadhan mereka menyediakan berbagai buah kering; kismis, kurma, buah tin, kacang-kacangan, sebagian manisan, dan lampu yang biasa orang sebut Fanus; yaitu lampu warna-warni dengan desain tertentu, lampu ini juga sebagai simbol bulan Ramadhan.

0 Komentar:

Posting Komentar

baiknya anda menggunakan browser mozilla
makasih telah membuang waktu anda mampir kesini.. :)