Senin, Juni 27, 2011

Ziarah ke Alexandria

Alexandria, kota berjuta pesona, selalu memikat siapa saja untuk berkunjung kesana. berkali-kali saya pergi ke kota itu, tetap saja kali ini sangat menarik.

Kali ini saya berangkat berziarah para Auliya' disana, tidak seperti biasanya yang dengan sengaja berniat liburan atau lepas penat. kali ini saya benar-benar tulus ingin menziarahi makam orang-orang alim disana.

Entah yang keberapa kalinya saya pergi ke Alexandria, yang jelas tiap kali saya kesana, selalu ada kesan berbeda dan kebanyakan itu menyenangkan. dulu ketika bersama 'Sapu Jagad' itu pertama kalinya saja jatuh cinta pada Alexandria, kemudian bersama Ibu-ibu pengajian KBRI saya dipaksa jadi guide, lalu Ngupret du Alex, mudik Lebaran 2010, dan beberapa kali lagi yang saya lupa sebutkan, kemudian terakhir kemarin Ahad, 26 Juni 2011.

Perjalanan kali ini bisa dibilang istimewa, awalnya saya berniat berangkat sendirian, tapi oleh karena satu lain hal, akhirnya saya menawari kawan saya untuk turut serta, dan dengan senang gembira beliau (Mbah Yatno) ikut dalam HolyTour kali ini.

Dari awal saya berniat ini adalah perjalanan spiritual, dimana hanya mengunjungi para 'aulia saja tanpa ketempat 'indah' lainnya, dan Alhamdulillah, hajat tersebut bisa dikabulkan Allah.

Pertama kami mengunjungi Masjid dan Makam Imam Syarofuddin Abi Abdillah Muhammad Bushiry, seorang pengarang Qasidah Burdah yaitu 'Qasidah Cinta untuk Sang Nabi', karena di masjid tersebut suasananya menyenangkan, kami sempatkan melepas lelah sejenak.
kemudian setelah shalat Dhuhur, kami menziarahi makam Imam Abu el-Abbas Al-Mursi, yang berada satu komplek dengan masjid Imam Bushiry. makam Al-Mursy berada di bawah Masjid, kebanyakan orang tidak tau, karena di dalam masjid tersebut juga terdapat cungkup makam buatan, dan yang asli berada tepat dibawahnya. untuk menuju makam tersebut, kita harus memutar sebelah kanan masjid.

Setelah beristirahat di Masjid Imam Bushiry lagi, kami melanjutkan perjalanan menuju makam Sahabat Abu Darda', sayang sekali saya lupa rutenya, kemudian ada bantuan datang, tapi tetap saja ada kendala, transportasinya. setelah kami menunggu kereta yang sungguh lama, akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan taksi saja, sebelum dapet taksi saya iseng nanya pada seorang tua yang sedang nongkrong. kemudian dia bilang tidak jauh, cuman jalan lurus saja, nanti ada perempatan tanya lagi. firasatku kok kurang iyes ya? haha. (maafkan saya pak tua..)

akhirnya kami sepakat untuk berjalan mengikuti arahan bapak tua tersebut, sesampai diperempatan kami tanya lagi, ternyata makam Abu Darda' dari tempat kami tanya yang pertama tadi cukup lurus saja terus, dan ketemu sebuah bangunan makam ditengah jalan raya, diapit rel kereta api. Alhamdulillah.

Misi terakhir di Alexandria kali ini adalah menuju Masjid dan Makam Nabi Danial, Alhamdulillah sungguh super Alhamdulillah, sore yang bersahabat tersebut kami diperkenankan berziarah setelah sekian lama Masjid dan Makam tersebut terkunci rapat dan tak seorangpun diperbolehkan memasuki area masjid, karena ada sebuah bangunan didepan masjid yang miring dan dikhawatirkan roboh.

kemudian setelah bangunan itu dirobohkan, kini para peziarah diperbolehkan berziarah kembali. sedikit cerita tentang makam tersebut, makam itu ada dibawah masjid, yang jika kita hendak mengunjungi harus melalui tangga kayu, dan didalam area makam tersebut terdapat sebuah makam lagi, yang konon makam tersebut adalah makam seorang 'alim bernama Luqman Hakim yang diceritakan dalam Al-Qur'an.
disamping itu, terdapat pula beberapa lubang semacam goa-goa yang kami semua tidak ada yang tau fungsi dan sejarah goa tersebut.

Setelah selesai berziarah, kemudian kami menuju terminal Masr yang jaraknya tak jauh dari situ, untuk mencari kendaraan menuju Mawqif (juga berarti terminal) oleh karena disana pusat transportasi untuk jurusan seluruh luar kota, disamping itu penataan yang rapi juga menjadi pemandangan tersendiri Mawqif ini. tak lama setelah itu, kami mendapati sebuah sedan Peugeot klasik berwarna cokelat yang kemudian mengantarkan kami menuju kota Thanta, tujuan akhir kami.

Pukul 18.30 kendaraan beranjak dari Mawqif menuju Thanta, dalam perjalanan petang sudah menghadang gelap sudah menyelinap, Peugeot cokelat berbahan bakar gaz tersebut melaju antara 100 hingga 120 KM/jam, tegas dan mantab. kurang lebih pukul 20.00 kami sampai Thanta, dan Alhamdulillah disana sup rajungan 'Pak To' sudah menunggu kami.

Setelah rehat sejenak, Pak To mengantar kami menuju makam Syeikh Ahmad Badawi. tapi malang, sampai sana kami kemalaman, makam dan masjid sudah tutup. kemudian kami kembali ke rumah Pak To, untuk melepas lelah karena perjalanan yang cukup panjang.

Pagi harinya setelah silaturrahmi ke rumah Si Ujang, kami kembali ke Masjid dan Makam Syeikh Ahmad Badawy, sampai sana suasana cukup menyenangkan tidak sepi, tidak pula ramai. setelah berziarah kami melanjutkan perjalanan menuju pulang.

Salah satu keistimewaan lain perjalanan kali ini adalah, semua sarana transportasi yang saya lewati tidak seperti biasa saya gunakan. kali ini (Kairo - Alex 208 KM) saya menggunakan kereta api (mereka menyebutnya Faransawy) kelas II dengan AC yang cukup dingin. (FYI; biasanya saya naik sepur wedus yang memakan waktu 5 jam, kali ini hanya 3 jam saja).
tak hanya waktu berangkatnya, perjalanan pulangpun terbilang istimewa, karena dari Alexandria kami melanjutkan ziarah menuju Thanta. kemudian baru menuju Kairo.

Alhamdulillah, Nabi Danial menyambut kami dengan ramah. meski Sahabat Abu Darda' sempat membingungkan kami. tapi Imam Bushiri selalu bisa menjadi penenang dan penampung lelah, juga Abul Abbas Almursy yang slalu memberi kami isyarat kesejatian diri. Syeikh Badawy sempat menolak kami, tapi kemudian menyambut dengan indah kedatangan kami.

#AlexandriaTrip 26062011

Semoga perjalanan hidup kita diberikan kemudahan dan keberkahan. amin